SUARA INDONESIA SITUBONDO

Bupati Situbondo Resmikan Resto Pakan Ternak dari Tanaman Sorghum

Syamsuri - 10 October 2020 | 12:10 - Dibaca 6.23k kali
Ekbis Bupati Situbondo Resmikan Resto Pakan Ternak dari Tanaman Sorghum
Caption : Bupati saat meresmikan resto pakan ternak (foto/heru)

SITUBONDO - Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH bersama Komandan Kodim 0823 Situbondo Inf. Neggy Kuntagina SIP, Kapolres Situbondo AKBP. Achmad Imam Rifai SH, SIK, M.PICT, M.ISS, KH. Zakki Abdullah S. Ag, Pengasuh Ponpes Manbaul Hikam Desa Panji Kidul, Kec Panji, Situbondo meresmikan resto ternak atau toko yang menjual pakan ternak sapi dan domba dari batang sorghum, Sabtu (10/10/2020).

Peresmian resto ternak yang berlangsung di sebelah barat pasar hewan Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan tersebut, juga dihadiri oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo serta tamu undangan lainnya.

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH, usai meresmikan resto pakan ternak mengatakan, pada dasarnya tanaman sorghum multi fungsi, yakni bukan saja bisa digunakan untuk pakan ternak sapi dan domba.

Akan tetpi, tanaman sorghum bisa dijadikan pengganti beras, bisa di buat jajanan, bisa di buat tepung, sirup, kecap, gula, nira dan lainnya.

“Harga per kilo pakan ternak sorghum Rp.800. Karena ada subsidi, maka pembeli hanya membayar Rp. 300. Sedangkan, harga butiran surghom Rp.4.000 per kilonya. Belum lagi ditambah harga jual tepung, gula nira, kecap, sirup. Dan harga tersebut sangat menguntungkan bagi petani. Sebab, biaya produksi menanam sorghum di lahan marginal sangat murah dan tidak membutuhkan pupuk dan air yang banyak,” jelas Bupati Dadang dihadapan sejumlah wartawan.

Selain itu, sambung Bupati Dadang, tanaman sorghum juga bisa di proses menjadi jajanan, tepung, sirup, kecap, gula, nira dan lainnya.

“Tanaman sorghum sangat menjanjikan nilai ekonomi bila dibandingkan dengan tanaman sejenisnya. Sebab, tanaman sorghum seluruhnya bisa di proses menjadi nilai-nilai ekonomi,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan bupati dihadapan sejumlah wartawan. Namun, dia juga menjelaskan bahwa, terobosan atau inovasi pakan ternak berbahan baku tanaman sorghum yang di jual murah itu merupakan salah satu solusi bagi para peternak sapi dan domba.

“Dari penanam sorghum itu, petani juga di untungkan dan peternak juga diuntungkan,” jelasnya.

Bupati juga mengatakan, resto pakan ternak yang diresmikannya itu bukan tempat satu-satunya untuk mendapat makan ternak murah dan berkualitas.

Akan tetapi, akan di buka resto-resto pakan ternak lainnya di wilayah Kabupaten Situbondo. “Kedepan akan di buka juga resto pakan ternak di wilayah Kecamatan Kendit dan wilayah lainnya di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya