SUARA INDONESIA SITUBONDO

Bupati Situbondo Gowes Bersama Ribuan Peserta, Kampanyekan Gempur Rokok Ilegal

Syamsuri - 17 September 2023 | 15:09 - Dibaca 1.20k kali
News Bupati Situbondo Gowes Bersama Ribuan Peserta, Kampanyekan Gempur Rokok Ilegal
Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Forkopimda, Sekretaris Daerah dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Situbondo serta masyarakat mengikuti Gowes Kampanyekan Gempur rokok ilegal. (Foto : Syamsuri/Suaraindonesia.co.id) 

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Guna mencegah terjadinya peredaran Rokok ilegal di wilayah Kabupaten Situbondo, Pemkab Situbondo melalui Satpol PP bersama Bea Cukai Jember menggelar kampanye Gempur Rokok ilegal melalui Gowes bersama OPD dilingkungan Pemkab Situbndo, komunitas Road bike dan masyarakat.  

Ribuan peserta memulai start dari depan Pendopo Aryo dan finish di pantai pasir putih Sidomuncul 2 Situbondo yang ditempuh dengan jarak kurang lebih sekitar 24 Km.

Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi mengatakan, kegiatan gowes kali ini akan terus menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Situbondo, dan tahun depan hadiahnya akan lebih banyak lagi.

"Tentu peran serta dari masyarakat untuk mensukseskan program Pemerintah sangat penting, apalagi dana yang digunakan menggunakan DBHCHT," jelasnya, Minggu (17/09/2023).

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada pejabat Bea Cukai Jember yang hadir, bisa menyampaikan ke atasannya agar program DBHCH, ini tidak hanya boleh digunakan oleh penghasil tembakau saja.

"Tetapi juga bisa digunakan oleh masyarakat yang bukan penghasil tembakau, sebab  ketika ada tembakaunya tetapi tidak ada yang mau merokok ini tidak akan bisa berjalan karena tidak akan ada yang membeli," ungkap Bupati Karna.

"Masyarakat perokok ini adalah penyumbang pajak terbesar di Indonesia. Oleh karena itu harus juga dapat DBHCHT, karena ketika perokok ini terkena penyakit paru paru, ini tentu juga harus diperhatikan melalui DBHCHT tersebut," sambungnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Situbondo, Sopan Efendi mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti gowes tahun 2024 ini sebanyak 1620 orang.

Pada kegiatan gowes ini, pihaknya bekerjasama dengan  UMKM dibawah binaan Dinas Koperasi dan Perdagangan, serta Dinas Pariwisata Situbondo.

Harapannya, dengan adanya kegiatan Gowes gempur rokok ilegal ini, ada perputaran ekonomi di masyarakat Kabupaten Situbondo. 

"Selain itu mengkampanyekan gempur rokok ilegal kepada masyarakat di sepanjang jalan pantura, kami juga mempromosikan wisata pasir putih milik Pemerintah Kabupaten Situbondo," ujarnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya