SUARA INDONESIA SITUBONDO

Bakesbangpol Situbondo Gelar Sosialiasi Pelaksanaan Koordinasi Bidang Poldagri

Syamsuri - 15 October 2023 | 16:10 - Dibaca 905 kali
Advertorial Bakesbangpol Situbondo Gelar Sosialiasi Pelaksanaan Koordinasi Bidang Poldagri
Acara sosialisasi Bakesbangpol Situbondo. (Foto: Syamsuri/ Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Demi meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo menggelar sosialisasi pelaksanaan koordinasi di bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri). 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari dimulai (14-15/10/2023) di Aula Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo ini bekerja sama dengan Anggota Fraksi PKB DPRD Situbondo, Asheri, dan diikuti 100 orang peserta. 

Kepala Bakesbangpol Situbondo, Buchari usai membuka acara sosialisasi mengatakan, pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sehingga pendidikan politik bagi masyarakat, khususnya bagi pemilih pemula dan kelompok perempuan ini sangatlah penting agar mereka memahami tujuan utama dari politik, yang mungkin selama ini memiliki persepsi cenderung negatif," ujarnya, Sabtu (14/10/2023). 

Selain untuk mengubah pola pikir, kata Buchari juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. "Terlebih menjelang pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang," tandasnya.

Menurut Buchari, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin dan anggota legislatif pada pemilu 2024 adalah merupakan tolak ukur keberhasilan Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serentak Tahun 2024 di Kabupaten Situbondo.

"Ini sebagai perwujudan kedaulatan rakyat atas hak memilih calon legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden RI yang mendapatkan legimitasi rakyat secara demokratis," ungkapnya. 

Di sisi lain pendidikan politik ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Situbondo melalui Badan Kesbangpol untuk membangun partisipasi politik dan kesadaran berpolitik yang baik, aman dan damai.

"Disamping itu, mengajak seluruh pemangku kepentingan lintas sektoral dan juga para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan ormas dapat menjadi jembatan memberikan edukasi dan pemahaman terhadap perpolitikan di Situbondo," lanjutnya.

Buchari berharap melalui sosialisasi ini para peserta memiliki pemahaman yang mendalam terkait Pemilu, sehingga dapat menggunakan haknya pada Pemilu 2024 dengan memilih Pemimpin dan Anggota DPRD, DPRD Provinsi, dan anggota DPR RI yang berkualitas.

“Semoga kita semua dapat menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, sehingga terwujud Situbondo yang aman, damai, nyaman tentram dan berjaya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Poldagri Bakesbangpol Situbondo, Suyono menambahkan, pendidikan politik ini untuk meningkatkan wawasan, pemahaman dan kemampuan kepada masyarakat di Kabupaten Situbondo tentang hak-hak sebagai warga negara dalam menentukan pilihannya. 

"Pendidikan politik ini juga dalam rangka memberikan pemahaman tentang ketentuan peraturan perundang-undangan tentang Pemilu," ujar Suyono. 

"Untuk sosialisasi kali ini menyasar masyarakat yang ada Kecamatan Kecamatan Kendit," pungkasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya