SUARA INDONESIA SITUBONDO

Sambut Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Ribuan OPD Pemkab Situbondo Ikut Tradisi Ancak Agung

Syamsuri - 16 September 2023 | 16:09 - Dibaca 1.90k kali
Budaya Sambut Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Ribuan OPD Pemkab Situbondo Ikut Tradisi Ancak Agung
Ribuan OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo saat iring iringan ikuti ancak Agung dalam rangka menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW. (Foto : Syamsuri/ Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Ribuan OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, Jawa Timur, mengikuti iring-iringan tradisi Ancak Agung dalam rangka menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW 1445H tahun 2023.

Tradisi ancak agung tahun 2023 ini, mengambil tema dengan semangat Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2023.

Acara ancak agung ini dilepas langsung oleh orang nomor 1 Situbondo, H. Karna Suswandi dengan start dari depan kantor KPU Situbondo berjalan kaki menuju Mesjid Al-Abror Alun alun Kota Situbondo.

Saat sambutan, bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, tradisi Ancak Agung merupakan tradisi turun menurun yang digelar oleh masyarakat muslim di Situbondo setiap memasuki bulan Maulid (peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW).

"Ini sebagai bentuk rasa syukur kita atas karunia yang diberikan oleh Allah," ujarnya usai melepas tradisi ancak agung di depan KPU Situbondo, Sabtu (16/09/2023) sore.

"Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menfasilitasi tradisi Ancak Agung ini dalam rangka untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap tradisi yang selama ini dilaksanakan," lanjutnya.

Menurutnya, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, Pemkab Situbondo ikut ambil bagian dalam memperkuat tradisi tersebut.

"Hal ini sebagai bentuk dukungan dan tanggung jawab kita bersama, agar supaya kita semua menyadari pentingnya membangun dan memperkokoh nilai-nilai spiritual dalam pelaksanaan pembangunan," jelasnya.

Sementara, pantauan dari jurnalis suaraindonesia.co.id, ribuan orang dari OPD setempat, mulai dari depan kantor KPU Situbondo iring-iringan dengan membawa ancak agung yang berisi berbagai macam hiasan hasil bumi, seperti pisang, wortel, terong, jeruk, singkong serta buah buahan lainnya.

Bahkan, ada peserta yang menghiasi bagian atas buah dengan uang ratusan hingga ribuan yang sudah didesain sedemikian rupa dengan berukuran kecil maupun besar.

Sebelum iring-iringan tiba di masjid al abror alun-alun, ancak yang berisi hasil bumi itu langsung menjadi rebutan warga. Mereka meyakini, makanan yang diperoleh dari Ancak Agung dengan menyambut kelahiran Baginda Rosul akan membawa berkah. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya