SUARA INDONESIA SITUBONDO

Jelang Libur Tahun Baru Wisata Pasir Putih Sepi Pengunjung, Persewaan Ban dan Perahu Ngeluh

Syamsuri - 27 December 2020 | 15:12 - Dibaca 429 kali
Wisata Jelang Libur Tahun Baru Wisata Pasir Putih Sepi Pengunjung, Persewaan Ban dan Perahu Ngeluh
Pengusaha sewa ban di Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo (Heru Hartanto)

SITUBONDO - Menjelang libur panjang pergantian tahun 2020, obyek wisata Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo pada Minggu (27/12/2020) masih sepi pengunjung.

“Wisata Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo masih sepi kehadiran para pelancong, baik pelancong lokal maupun pelancong dari sejumlah daerah di Jawa Timur. Padahal, sekarang menjelang liburan panjang, kehadiran pengunjung seperti hari-hari minggu lalu,” jelas Yasin Maksum Direktur Prusda Pasir Putih. 

Penurunan jumlah pengunjung Pantai Pasir Putih di masa Pandami COVID-19, kata Yasin, diperkirakan mencapai 60 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dampaknya, usaha jasa sewa ban mobil bekas di lokasi Pantai Wisata Pasir Putih, dan usaha jasa sewa perahu wisata sepi. “Menjelang liburan menjelang pergantian tahun ditengah pandemi COVID-19 Wisata Pantai Pasir Putih sepi,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Yasin menjelaskan, untuk menyambut para pelancong yang berwisata, para petugas sudah mensiapkan protokol kesehatan COVID-19. “Tentunya, jika ramai pengunjung, maka mereka yang masuk ke lokasi akan kita batasai sesuai dengan SE Bupati. Tapi, pada kenyataannya pengunjung masih sepi,” tuturnya. 

Sementara itu, pantauan media ini, anjloknya jumlah pengunjung sangat berdampak pada para pengais rezeki di lokasi Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo. Seperti halnya yang disampaikan Samsudin (40), salah seorang pemilik usaha sewa ban. Dirinya mengaku pendapatannya menurun drastis karena penyewa ban tak sebanyak tahun lalu. 

“Sejak pagi hingga sore saya baru mendapat uang sebesar Rp.100 ribu. Padahal, sebelum ada pandemi COVID-19, saya sudah mendapat uang Rp.300 hingga Rp.400 ribu,” jelas Samsudin. 

Di lain pihak, Mugiarto (37), pemilik persewaan perahu layar wisata mengatakan bahwa, di tengah pandemi COVID-19 usaha penyewaan perahunya sangat berdampak. Sejak awal Pandemi COVID-19, hingga menjelang libur pergantian tahun 2020 ini, sepi para penyewa perahu layar wisata.  

“Biasanya menjelang pergantian tahun, setiap hari ada 10 kali saya mengantarkan pengunjung ke tengah laut, untuk melihat keindahan panorama batu karang dasar laut di Pasir Putih. Namun, sejak pagi hingga menjelang sore, saya baru satu kali mengantarkan pengunjung mensaksikan keindahan panorama dasar laut Pasir Putih Situbondo ini,” keluh Mugiarto. 


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya