SUARA INDONESIA SITUBONDO

PKL Alun-alun Situbondo Ketiban Berkah Perayaan HUT RI dan Harjakasi

Syamsuri - 13 August 2023 | 13:08 - Dibaca 1.20k kali
Ekbis PKL Alun-alun Situbondo Ketiban Berkah Perayaan HUT RI dan Harjakasi
Suasana sepi pembeli di sentra PKL Alun-alun Kabupaten Situbondo sebelum kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Harjakasi. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205 dengan beragam kegiatan lomba hingga pawai budaya, membawa berkah bagi para pedagang kaki lima (PKL) di Alun-alun setempat.

Rangkaian kegiatan HUT RI dan Harjakasi itu digelar oleh Pemkab Situbondo sejak awal Agustus lalu. Para PKL yang berjualan di Alun-alun maupun sepanjang Jalur Pantura Kabupaten Situbondo menyambut baik kegiatan yang menghadirkan banyak orang tersebut.

Salah seorang PKL penjual minuman dingin, Ningsih (45) mengatakan, sejak awal bulan Agustus 2023 pendapatan para PKL di alun-alun dan sepanjang Jalur Pantura Situbondo, tepatnya di Jalan PB. Sudirman hingga Jalan Pemuda meningkat 2 hingga 3 kali lipat.

"Alhamdulillah berkat acara ini, saya bisa mendapatkan penghasilan lebih karena pembeli ramai dibanding hari-hari biasa sebelumnya. Apalagi, mulai awal Agustus hingga kemarin siang, cuaca sedang panas-panasnya. Jadi banyak yang beli minuman dingin saya, makanan jualan PKL lainnya juga laris," ungkapnya kepada Suara Indonesia, Minggu (13/08/2023).

Senada dikatakan PKL penjual makanan, Candra, sejak ia mulai menata barang dagangannya pukul 06.30 WIB, telah banyak calon pembeli dari peserta lomba dan pengunjung yang mengantre membeli barang dagangan mereka.

"Beberapa PKL yang jualan makanan dan minuman datang pukul 06.30 pagi. ternyata sudah banyak orang yang datang mau menonton lomba. Bahkan di acara pawai budaya pun banyak yang datang dari pelosok-pelosok desa," terangnya.

Para PKL menyebut, jika sebelumnya pada hari-hari biasa pendapatan bersih mereka hanya sebatas Rp35.000, saat ini bisa tembus antara Rp.100.000 - Rp.150.000 per-hari.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya