SUARA INDONESIA SITUBONDO

5 Kuliner Khas Situbondo yang Wajib Kalian Coba

Syamsuri - 04 February 2023 | 13:02 - Dibaca 6.24k kali
Kuliner 5 Kuliner Khas Situbondo yang Wajib Kalian Coba
Kuliner khas Situbondo yang wajib kalian coba. (Syamsuri/suaraindonesia.co.id).

SITUBONDO - Kabupaten Situbondo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, Indonesia dengan pusat pemerintahan dan ibukota terletak di Kecamatan Situbondo. 

Kota ini terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. 

Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa Bali, keaktifan perekonomiannya terlihat terjaga "hidup". 

Masyarakat Situbondo berasal dari berbagai suku, mayoritas dari suku Jawa dan Madura. Pada tahun 1950-70 an kehidupan perekonomiannya ditunjang oleh industri gula dengan dilengkapi 6 lahan perkebunan dan pabrik gula di sekelilingnya , yakni bertempat di Asembagus, Panji, Olean, Wringin Anom, Demas dan Prajekan. 

Namun dengan surutnya industri gula, pada tahun 1980 dan 1990-an keaktifan perekonomian bergeser kearah usaha perikanan. Usaha pembibitan dan pembesaran udang yang menjadi tumpuan masyarakat.

Kabupaten Situbondo juga sangat terkenal dengan buah mangganya yang banyak dicari oleh penggemar buah seperti mangga manalagi, gadung dan arumanis. Namun sampai saat ini potensi ekonomi dari perkebunan mangga tersebut masih ditangani secara industri rumah tangga, belum dalam skala industri perkebunan.

Masyarakat Jawa Timur sampai manca negara banyak mengenal Situbondo dari pantai Pasir Putih, suatu tempat rekreasi pantai dengan jarak tempuh kurang lebih 23 kilometer disebelah barat Kota Situbondo.

Pasir Putih terkenal dimata luar karena pantainya yang landai dan berpasir putih bersih. pada tahun 1960 - 1970 an masih jumlah habitat laut yang bisa ditemukan di pantai ini. 

Kuda laut dan batu karang cantik berwarna warni yang bisa ditaruh untuk hiasan di akuarium yang diperjual belikan oleh pedagang ikan hias setempat. Namun kini makhluk tersebut tidak bisa ditemui lagi.

Kabupaten Situbondo juga adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang kaya wisata kuliner. Berikut 5 khas kuliner yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Kabupaten Situbondo.

1. Tajin Palappa 

Salah satu rekomendasi sarapan pagi dari Jawa Timur yang jadi suguhan khas para pelajar, anak anak, remaja, orang tua dan pegawai perkantoran. Namanya yaitu "Tajin Palappa".

Makanan ini sangat khas dan sangat beda rasanya. Karena bubur lezat khas Situbondo tersebut berisi kangkung, tauge, dan tahu ditambah kue hongkong. Kemudian diguyur dengan bumbu kacang yang dicampur petis, garam, gula dan belimbing wuluh.

Toppingnya adalah irisan hongkong alias ote-ote (sejenis bakwan sayur dan udang). Jangan lupa kerupuknya biar makin meriah. 

Penelusuran media ini, Tajin Palappa adalah kuliner asal Situbondo. Dalam bahasa daerah Madure, tajin artinya adalah bubur, dan palappa maknanya bumbu. Makanan khas Madura Situbondo ini bisa menjadi kuliner khas Kabupaten Situbondo karena sebagian besar masyarakatnya adalah pendatang dari Pulau Madura.

Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, bubur satu ini justru tidak menggunakan suwiran ayam sama sekali melainkan dilengkapi dengan sayuran. 

Tajin palappa biasa disajikan dengan rebusan sayur kangkung dan tauge yang kemudian di atasnya dibubuhi bumbu kacang yang encer.  Tajin akan semakin lezat disantap dengan hongkong dan tahu goreng serta sambal. 

Cara penyajiannya, pertama tuang bubur di mangkuk, beri kangkung dan tauge, lalu siram bumbu pecelnya dan terakhir diberi irisan hongkong atau tahu.

Kuliner tradisional yang sudah dihidangkan secara turun-temurun ini menjadi salah satu sarapan wajib bagi warga setempat. 

Di Situbondo sendiri, tajin palappa banyak dijual di pinggir jalan oleh para pedagang kaki lima. 

Jika anda sudah pernah ke Situbondo, pedangan kaki lima tersebut akan banyak ditemui di jalan madura, Pahlawan, Kenanga, Cenderawasih, Semeru, dan lainnya. Anda juga bisa menemukan tajin palapa saat Pemkab Situbondo menggelar festival kuliner.

2. Nasi Karak

Nasi karak merupakan nasi yang penuh kesederhanaan bagaimana tidak, asal muasal nasi ini dari kebiasaan orang Situbondo dahulu yang tidak pernah membuang makanan alias memanfaatkan sisa nasi yang tidak termakan.

Namun karak yang disuguhkan kepada pembeli tidak lagi dari sisa sisa makanan, Tetapi nasi Karak saat ini terbuat dari nasi fresh kok, memiliki ciri khas taburan parutan kelapa diatasnya ditemani dengan lauk pepes ikan laut, tahu dan tempe dengan menggunakan khas bumbu merah dan nasi ini terasa lengkap kalau ditambahi sambal pedas, sehingga membuat makanan ini memiliki cita rasa yang sedap. 

3. Nasi Kaldu

Makanan khas satu ini mirip dengan gulai, bedanya nasi kaldu memiliki warna yang cenderung hijau pucat ini dikarenakan nasi kaldu ditambah dengan kacang hijau yang di rebus bersamaan. 

Ikan kaldunya berasal dari daging kambing pilihan. Tak heran jika nasi ini enak banget. Buat kamu yang tak terlalu suka makanan terlalu sedap, tambahkan jeruk nipis dan bawang merah sebagai bahan campuran nasi kaldu.

4. Nasi Sodu

Sodu berasal dari bahasa madura yang artinya menyantap makanan menggunakan daun pisang. Dari sinilah nasi sodu berasal. Nasi yang dihidangkan diatas daun pisang lalu ditambah dengan kuah gule dan kecambah.

Tak lupa, sambal terasi yang super pedas menambah kenikmatannya. Biar makin afdol, gunakan daun pisang juga sebagai sendoknya.

5. Nasi Kolhu

Nasi Kolhu, Makanan khas Kabupaten Situbondo, tepatnya di Desa Kendit ini termasuk khas makanan yang wajib kalian coba, selain rasanya yang sedap, Nasi Kolhu merupakan makanan yang paling sederhana, seperti karakter Masyarakat Situbondo. 

Kolhu merupakan singkatan dari nama Sekol dan tahu makanan ini akan bertambah kesat ketik ditambah abon kelapa, Hongkong (Weci). Benar saja makanan ini sangat menantang pembeli karena kalau nasi dan ketiga lauk tersebut disempurnakan dengan sambal rasanya lebih menggairahkan bagi yang menyuguinya apalagi minumnya disandingkan dengan Teh Hangat.

Penasaran dengan 5 Kuliner ini? jangan dilewatkan saat berkunjung ke Situbondo atau mau menyeberang ke Bali via Banyuwangi mampir dulu di warung warung PKL yang ada di sepanjang jalan kota Situbondo. Ancene, Situbondo gudangnya kuliner enak rek. Segera meluncur ke Kota Kami Situbondo pada pagi pagi agar tidak ngiler.

Itulah 5 Makanan Khas yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Kabupaten Situbondo.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya